Sabtu, 01 Oktober 2016

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Trigliserida

Definisi Penyebab Dan Pengobatan Trigliserida





Pengertian Trigliserida

Merasa asing dengan nama penyakit ini? sebenarnya penyakit trigliserida lebih sering dikenal dengan sebutan lemak darah tinggi. Masyarakat mengenalnya dengan sebutan tersebut. Berbahayakah penyakit trigliserida ini pada tubuh? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi atau pengobatannya? semuanya akan dibahas disini.

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Selain trigliserida, terdapat juga kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). Bila jumlahnya berlebihan dalam darah, maka ia disebut hipertrigliseridemi. Kondisi ini juga dianggap mempermudah pembentukan aterosklerosis (timbunan plak di arteri).

Apabila terlalu banyak, trigliserida akan menumpuk pada bagian-bagian tubuh seperti dinding pemduluh darah dan hati. Lemak jenuh dan tidak jenuh termasuk dalam kelompok trigliserida. Trigliserida berperan penting bagi tubuh manusia karena tubuh memanfaatkan lemak ini sebagai energi. Trigliserida ini dihasilkan oleh tubuh dari sumber energi lainnya, yaitu karbohidrat dan dari pencernaan lemak yang terdapat dalam makanan. Akan tetapi kadar trigliserida yang tinggi akan meningkatkan risiko Anda terserang penyakit seperti angina atau angin duduk, serangan jantung dan stroke.

Tidak ada gejala yang muncul akibat tingginya kadar trigliserida dalam tubuh, namun apabila tingginya kadar trigliserida yang terjadi merupakan penyakit turunan, terdapat kemungkinan akan muncul kondisi yang disebut sebagai xanthoma. Xanthoma adalah benjolan akibat timbunan lemak di bawah kulit.

Diagnosa Trigliserida

Dengan menjalani pemeriksaan darah  secara rutin sebagai upaya pencegahan trigliserida yang tinggi dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kadar trigliserida yang terdapat di dalam darah, normal ataukah tinggi. Apabila kadar trigliserida tinggi secara langsung dapat ditangani dengan tepat. Biasanya sebelum melakukan tes ini disarankan untuk berpuasa terlebih dahulu selama kurang lebih 10 hingga 12 jam.

Kadar Trugliserida dalam Tubuh

Untuk menentukan kadar trigliserida dalam tubuh Anda hanya perlu melakukan tes darah. Berikut penjelasan umum tentang kadar trigliserida di dalam tubuh:

-Kadar sangat tinggi : diatas 500 mg/dl.
-Kadar tinggi : 200-499 mg/dl.
-Kadar cukup tinggi : 150-199 mg/dl.
-Kadar normal : di bawah 150 miligram per desiliter(mg/dl).

Penyebab Trigliserida

Pada dasarnya penyebab trigliserida cukup bervariasi, dan terkadang setiap orang mempunyai penyebab yang berbeda.
Secara umum penyakit ini dapat disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan dan juga penyakit diabetes. Apabila kedua jenis gangguan kesehatan ini tidak terkendali dan semakin parah, maka kemungkinan besar kadar trigliseridanya akan menjadi tinggi. Kadar tigliserida tinggi terjadi karena seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan atau kadar gula yang tinggi. Risiko terkena penyakit jantung akan meningkat seiring dengan tingginya kadar trigliserida seseorang.

Beberapa penyebab lain dari trigliserida yang tinggi:

Hipotiroidisme
 
 Kondisi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid.

Penyakit ginjal

Ginjal kehilangan fungsi dalam menyeimbangkan kandungan garam dan mineral dalam darah, membuang sampah tubuh dan cairan berlebihan, dan tidak bisa mengatur tekanan darah.

Banyak mengonsumsi minuman keras

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan kadar trigliserida dengan cepat. Yang akan memicu terjadinya peradangan pada pankreas.

Obat-obatan juga dapat memicu terjadinya kadar trigliserida yang tinggi, beberapa obat-obatan tersebuat adalah:

-Steroid.
-Beta-blocker.
-Tamoxifen.
-Diuretik.
-Pil KB.

Ciri-ciri Trigliserida

Gejala awal penyakit

Pada awal-awal penderita trigliserida kan mengalami beberapa gejala seperti.
  • Resisten terhadap insulin, Yaitu sistem metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik untuk mengubah makanan menjadi energi.
  • Pre-diabetes, kadar kolestrol lebih tinggi dan memicu diabetes.
  • Diabetes, Apabila kadar glukosa Anda melewati batas atas, maka Anda terjangkit diabetes. Apabila Anda tidak mengatasinya, seiring dengan berjalannya waktu, kadar glukosa Anda dapat melukai sistem saraf dan pembuluh darah, yang akhirnya akan merusak sirkulasi. Dan kerusakan yang terjadi dapat mempengaruhi penglihatan, ginjal, bahkan sel-sel otak. Selain itu juga, diabetes secara drastis akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Gejala umum penyakit trigliserida
  • Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak. Sebagian orang merasakan berat di kepala dan pegal-pegal sebagai gejala awal dari kolestrol tinggi. Biasanya tanda ini muncul dikarenakan oksigen berkurang. Selain itu juga cepat mengantuk, apalagi jika kadar trigliserida tinggi. Rasa ngantuk disebabkan akibat asupan oksigen menuju ke otak semakin menurun karena penyempitan pembuluh darah.
  • Kesemutan. Adalah salah satu gejala trigliserida tinggi. Yang disebabkan akibat dari darah yang agak kental. Dan kadar trigliserida tinggi akan menimbulkan kekentalan darah pada aliran darah.
  • Penimbunan lemak yang besar di kelopak mata. Yang terjadi karena adanya kandungan trigliserida didalamnya yang tinggi. Tapi, hal ini biasa terjadi pada sebagian orang saja.
  • Cepat merasa lelah. Ini terjadi akibat disaat plak terbentuk pada dinding arteri mengakibatkan kondisi mirip seperti atherosclerosis.
  • Sakit kepala. Penyebab dari sakit kepala yang dirasakan adalah akibat kolestrol tinggi di dalam darah yang memicu terjadinya penimbunan plak pada pembuluh darah diarteri sehingga akan menimbulkan terjadinya penyakit aterosklerosis.

Pengobatan Trigliserida yang Tinggi

Anda dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh tanpa mengonsumsi obat-obatan khusus. Dibutuhkan beberapa perubahan pada gaya hidup Anda bisa menjadi faktor penting dalam menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Berikut cara sederhana yang dapat Anda lakukan:
  1. Mengendalikan berat badan. Apabila berat badan Anda melebihi  berat badan yang normal atau bahkan sudah mengalami obesitas, menurunkan berat sekitar 2-5 kilogram dapat menurunkan kadar trigliserida yang ada di dalam tubuh.
  2. Mengonsumsi lemak sehat. Mengganti lemak jenuh yang ada pada daging dengan lemak tidak jenuh dari tanaman, contohnya pada minyak zaitun, minyak kacang, dan dari minyak canola.
  3. Hindari lemak trans. Lemak ini bisa ditemukan pada makanan yang digoreng atau pada produk makanan panggang seperti kue kering, biskuit, dan camilan. Apabila kandungan lemak trans kurang dari 0,5 gram, ada kemungkinan produsen tidak mencantumkannya pada kemasan. Produsen makanan tersebut bisa mengatakan bahwa makanan mereka mengandung minyak hidrogenasi.
  4. Menurunkan asupan kalori. Kalori yang berlebihan akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Secara tidak langsung, menurunkan asupan kalori juga berarti menurunkan kadar trigliserida.
  5. Membatasi tingkat kolestrol dalam makanan.  Sumber kolestrol yang perlu dihindari ialah danging dengan banyak lemak, kuning telur, dan produk olahan susu murni.
  6. Batasi konsumsi minuman keras. Minuman keras mengandung kalori tinggi. Akibatnya, kadar trigliserida bisa meningkat meskipun hanya mengonsumsi sedikit minuman keras.
  7. Berhenti merokok. Dapat memperbaiki kadar kolestrol baik. Dalam setahun setelah berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung dapat dikurangi sekitar 50% dan dalam 15 tahun, resiko penyakit jantung sama dengan orang yang tidak merokok.
  8. Berolahraga. Aktivitas olahraga secara rutin bisa membantu Anda mengendalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apabila setelah melakukan perubahan hidup tingkat trigliserida masih tetap tinggi, mungkin Anda perlu menambahkan konsumsi obat-obatan juga. Dokter akan memberikan Dosis dan kandungan obat tergantung pada kadar trigliserida, tingkat kolestrol, dan faktor risiko lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Obat-obatan yang digunakan biasanya dikonsentrasikan untuk menurunkan kolestrol jahat yang secara tidak langsung bisa menurunkan  kadar trigliserida. Berikut obat-obatan untuk menurunkan kolestrol tinggi:
  • Fibrate. Yang berfungsi menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolestrol baik atau HDL. Dampaknya terhadap kolestrol jahat atau LDL tidak terlalu banyak.
  • Niacin atau Nicotinic acid. Bisa mengurangi produksi trigliserida dan LDL. Akhirnya menyebabkan meningkatnya kolestrol baik dan menurunkan trigliserida.
  • Statins. Obat ini dapat menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolestrol. Akibatnya, kadar kolestrol jahat akan menurun.
  • Asam lemak omega-3 (minyak ikan). Suplemen minyak ikan dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh wanita.

Apa obat alami untuk trigliserida tinggi?

Salah satu obat trigliserida tinggi yang alami  adalah dengan mengonsumsi minyak ikan. Suplemen minyak ikan akan membantu menurunkan trigliserida di dalam tubuh. Suplemen minyak ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 yang sudah tersedia dapat Anda dapatkan dengan mudah.


Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran dokter dalam megonsumsi obat-obatan di atas. Dan jangan lupa untuk secara rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara pasti.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar