Minggu, 02 Oktober 2016

11 Tips Sukses Diet Hipertensi

11 Tips Sukses Diet Hipertensi



Pernah mencoba mencegah hipertensi? sukses atau tidak? 11 tips sukses diet ini akan mencegah hipertensi. Silakan Anda baca artikelnya!

Sebagian masyarakat sering kali mengkambing hitamkan garam apabila meningkatnya tekanan darah. Anggapan ini bisa jadi dilatarbelakangi karena garam  selalu digunakan dalam masakan Indonesia. Akibatnya, saat tekanan darah meningkat masyarakat secara langsung menjauhi mengonsumsi garam. Padahal, garam tidak memberikan pengaruh seburuk itu terhadap kesehatan.

Tubuh membutuhkan natrium untuk menjalankan fungsi tubuh, natrium tersebut dapat kita peroleh dari garam. Natrium berfungsi mengatur volume darah, tekanan darah, kadar air dan fungsi sel. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya akan menjadi tidak baik begitu pula apabila kita mengonsumsi garam secara berlebihan. Itu akan memicu tekanan darah tinggi. Asupan garam yang dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 500 mg per hari, sedangkan garam rata-rata harian orang Indonesia 30-40 gram. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan garam harian orang Amerika yang hanya 6-18 gram.

Ginjal akan menahan natrium saat tubuh kekurangan natrium. Sebaliknya ketika kadar natrium di dalam tubuh tinggi, ginjal akan mengeluarkan kelebihan tersebut melalui urin. Jika fungsi ginjal tidak optimal, kelebihan natrium tidak dapat dibuang dan akan menumpuk di dalam darah. Akibatnya, volume cairan tubuh akan meningkat dan membuat jantung serta pembuluh darah bekerja lebih keras untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Dan tekanan darah pun akhirnya meningkat. Inilah yang terjadi pada penderita hipertensi.

Akan tetapi selama konsumsi garam tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan tubuh, kondisi pembuluh darah akan baik, ginjal pun berfungsi dengan baik. Proses kimiawi dan faali tubuh tetap berjalan normal. Tidak mengalami gangguan.

Tentunya Anda tidak ingin menjadi salah satu dari orang yang menderita hipertensi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh Anda untuk mencegah hipertensi, ini adalah tips sukses diet hipertensi:
  1. Menghindari penggunaan garam  yang berlebihan, baik untuk penyedap masakan atau dimakan langsung.
  2. Hindari bahan makanan yang diawetkan mengunakan garam dapur.
  3.  Menghindari makanan yang mengandung bahan tambahan atau penyedap rasa.
  4. Gunakan bumbu-bumbu segar dalam masakan.
  5.  Menghindari penggunaan baking soda atau obat-obatan yang mengandung sodium.
  6. Batasi konsumsi makanan yang tinggi kadar natriumnya.
  7. Batasi minuman bersoda.
  8.  Mengurangi konsumsi kafein dan alkohol.
  9.  Mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandungkolestrol tinggi.
  10.  Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang kaya akan kendungan kalium. Kalium ini bersifat diuretik sehingga kelebihan garam bisa di keluarkan dari tubuh.
  11. Perbanyak minum air putih agar kelebihan garam dapat larut dan terbuang bersama urin.

Anda harus menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Dan kisaran normal tekanan darah tergantung pada pola makan sehat secara kesluruhan. Terdapat pola makan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Empat prinsip utama pola makan DASH.

- Tingkatkan asupan nutrisi dari biji-bijian utuh, ikan, dan kacang-kacangan.
- Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan produk susu rendah lemak.
- Kurangi garam, makanan dan minuman manis, serta daging merah.
- Kurangi juga makanan yang tinggi lemak jenuh, kolestrol, dan lemak trans.

Semoga bermanfaat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar